Ilmu Agama Islam Lengkap - Al-Qur'an (2)


Ilmu Agama Islam Lengkap - Al-Qur'an (2)



Ayat-ayat yang pertama diturunkan yaitu ayat 1 sampai 5 dari surat Al-Alaq sewaktu Nabi Muhammad berkhalwat (menyepi untuk mendekatkan diri kepada Allah) di Gua Hira. Sedang ayat terakhir yang diturunkan yaitu ayat 3 dari surat Al-Maidah di turunkan di Padang Arafah sewaktu Nabi Muhammad menjalankan Haji Wada.

Surat-surat dalam Al-Qur'an terbagi dalam :


  1. Al-Surat Makkiyah, yaitu yang ayat-ayatnya diturunkan di Mekah (sebelum Nabi Muhammad Hijrah). Terdiri dari 86 surat atau 19/30 dari isi Al-Qur'an Bercirikan : ayat-ayatnya pendek-pendek, kebanyakan diawali dengan seruan "yaa ayuhannas(wahai manusia) dan pada umumnya menerangkan masalah keimanan,  perintah,  ancaman,  pahala serta kisah-kisah umat terdahulu sebagai contoh bagi umat Muhammad ayat.


  2. Surat Madaniyyah, yaitu yang ayat-ayatnya diturunkan di Madinah (setelah Nabi Muhammad hijrah) Terdiri dari 28 surat atau 11/30 dari isi Al-Qur'an. Ciri-cirinya : ayat-ayatnya panjang,  kebanyakan diawali dengan seruan yaa ayuhalladzina aamanu(wahai orang-orang yang beriman) dan pada umumnya menerangkan tentang peraturan bermasyarakat,  ketata-negaraan dan masalah keduniawian lainnya.
                                                                                                          
Pada masa Nabi Muhammad, ayat-ayat Al-Qur'an ditulis oleh para sahabat di kepingan tulang, pelepah-pelepah, kurma, batu-batu. Ayat-ayat yang ditulis oleh sahabat yang satu dengan yang juga berbeda-beda. Bahkan tidak jarang sahabat yang hanya menghafalkannya. Sehingga pada masa itu ayat-ayat Al-Qur'an dikata tercecer.

Usaha pengumpulannya baru dilakukan oleh Abu Bakar setelah Nabi wafat atas usulan umar bin Khatab, dengan pertimbangan semakin banyaknya sahabat yang hafal Al-Qur'an yang gugur. Yang ditugaskan melaksanakan pengumpulan itu Zaid bin Tsabit dibantu oleh ubay bin Ka’ab, Ali bin Abi Thalib,  dan Utsman bin Afan. Hasilnya, terkumpullah ayat-ayat Al Qur'an dalam Mushaf

Setelah Abu Abakar wafat, mushaf itu dipindahkan ke rumah umar sampai selama masa pemerintahannya. Baru kemudian diserahkan pada Hafsyah, istri Rasulullah sampai masa pembukuan

Al-Qur'an yang diprakarsai oleh khalifah utsman bin Affan. Dari mushaf yang ditulis pada zaman ustman itulah kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia menyalinnya.

Sobat, baca juga yuk artikel sebelumnya : Ilmu Agama Islam Lengkap - AL-QUR'AN (1)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Agama Islam Lengkap - Al-Qur'an (2)"

Posting Komentar