Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Muhammad SAW.

Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Muhammad SAW.



Muhammad Saw.
Nabi Muhammad dilahirkan pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah*) atau tanggal 20 April 571 M. Putra Abdullah bin Abdul Muthalib (meninggal sewaktu Nabi masih dalam kandungan) dan Aminah binti Wahab

Sebagaimana anak-anak bangsawan lainnya, Rasulullah disusukan kepada wanita badiyah (sebuah dusun di Padang Pasir) bernama Halimah Abi Dzubaidah As Sa'diyah dari Bani Sa'ad Kabilah Hawazin. Di perkampungan Bani Sa'ad inilah beliau dibesarkan sampai usia lima tahun. Kemudian diasuh oleh Aminah sendiri.

Ketika Nabi berumur 6 tahun, Aminah meninggal dunia. Selama dua tahun kemudian, beliau dipelihara oleh kakeknya Abdul Muthalib. Setelah itu dibesarkan oleh pamannya Abu Thalib. Ketika diajak berdagang ke Negeri Syam oleh pamannya bertemulah mereka dengan seorang pendeta Nasrani yang melihat tanda-tanda kenabian Muhammad. Berpesanlah pendeta itu agar Abu Thalib menjaga keponakannya baik-baik, karena ia calon pemimpin umat.

Pada usia 25 tahun, Nabi Muhammad menikah dengan Siti Khadijah binti Khuwailid. Perkawinan ini dikaruniai 3 putra yaitu Al-Qasim, Abdullah, dan Thayyib yang semuanya meninggal semasa masih kecil. Dan empat putri, yaitu Zainab, Ruqayyah. ummu Kaltsum, dan Fatimah.

Pada usia 40 tahun, Nabi menerima wahyu pertama di Gua Hira'. Sejak itulah beliau mulai menyiarkan agama Islam. orang-orang yang menerima ajakan beliau pertama yaitu : dari kalangan orang tua Abu Bakar, dari kaum wanita Khadijah binti Khuwailid, dari anak-anak Ali bin Abi Thalib, dan dari golongan budak Zaid bin Haritsa.

Kurang lebih selama 3 tahun Nabi Muhammad berdakwah secara diam-diam. Lantas turunlah wahyu yang memerintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan. Sambutan penduduk Mekah saat itu sangat menentang. Bahkan berencana mengadakan siksaan kepada pengikut Nabi. Guna menghindari kejahatan mereka, Nabi Muhammad memerintahkan para pengikutnya ke Habsyah (Habsyi). Masa itu jumlah penduduk Islam sudah 40 orang lelaki 11 wanita.


Beberapa waktu kemudian beliau kembali ke Mekah. Mengetahui hal itu, orang-orang kafir Quraisy berencana membunuh beliau. Berkat usaha paman beliau, Abu Thalib, Nabi dapat diselamatkan. Orang-orang kafir Quraisy akhirnya memboikot keluarga Nabi dan para pengikutnya. Semua orang Kafir dilarang mengadakan hubungan baik kekeluargaan maupun dagang dengan orang-orang Islam, hingga Nabi beserta seluruh pengikutnya memakan dedaunan selama tiga tahun. Sedangkan sebagian pengikutnya yang lain diperintahkan kembali berhijrah ke Habsyah.

Masa pemboikotan itu berakhir pada tahun ke - 10 kenabianya. Pada waktu itulah, Abu Thalib yang membela beliau mati-matian meninggal dunia. Makin bertambah hebatlah gangguan kaum Quraisy kepada beliau. Selanjutnya Nabi bersama Zaid bin Haritsah berdakwah ke Thahlf. Namun usaha tersebut tidak membawa hasil. Pada tahun ke 13 kenabian, Islam sudah tersebar di Madinah. Maka beliau memutuskan untuk berhijrah ke Madinah.

Pada hari Sabtu 25 Dzul Qa'dah tahun Hijrah. Nabi beserta para pengikutnya menunaikan Haji Wada'. Beberapa bulan setalah Haji Wada'  beliau sakit keras dan wafat. Tepatnya pada hari Senin, 12 Rabiul Awal dalam usia 63 tahun.


Keterangan : 

*) Penamaan tahun galah. karena pada masa itu kota Mekah diserang pasukan Nasrani berkendaraan Gajah di bawah pimpinan Abraha, gubernur dari kerajaan Nasran yang memerintah di Yaman.  Mereka bermaksud menghancurkan Ka'bah namun dikalahkan oleh Allah Swt., dengan mengirimkan ababil.

Sahabat mari kita baca juga sifat-sifat wajib bagi Nabi dan Rasul disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi dan Rasul
baca juga kisah Nabi Zakaria As. dan Nabi Yahya As. disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Zakaria As. dan Nabi Yahya
baca juga kisah Nabi Isa As. disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Isa As.
baca juga kisah Nabi Adam As. disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Adam As.
baca juga kisah Nabi Idris As. disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Idris As.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Agama Islam Lengkap - Nabi Muhammad SAW."

Posting Komentar