Islam agama yang mengajarkan kedamaian

Islam agama yang mengajarkan kedamaian


Manusia tak dapat hidup sendiri, ia adalah mahluk sosial, oleh karena itu perlu bergaul dengan orang lain yakni hidup bermasyarakat. Selain itu, hubungan silaturahmi sangat dianjurkan agar persaudaraan dan hubungan tetap terjalin dengan baik. 

Pergaulan antar sesama manusia haruslah mengindahkan aturan-aturan yang sudah dijelaskan dalam Islam. Karena Islam merupakan agama terakhir dan penyempurna agama-agama terdahulu, maka bisa difahami bahwa Islam mengandung ajaran yang paling lengkap dan sempurna, Islam sangat rinci mengatur kehidupan umatnya. 

Beginilah seharusnya ahlak muslim yang baik kepada saudaranya.


Agama Islam juga menganjurkan perdamaian antar sesama muslim seperti yang tersirat dalam QS. Al-Hujurat ayat 9-10, dimana didalamnya mengatur mengenai perdamaian antara dua kelompok mukmin.


PEMBAHASAN
وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَأَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الأُخْرَى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتَّى تَفِيْءَ إِلَى أَمْرِ اللهِ فَإِنْ فَاءَتْ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَأَقْسِطُوْا إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ (٩) إِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ (١٠)
“Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! tapi kalau yang satu melanggar Perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar Perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. kalau Dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu Berlaku adil; Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang Berlaku adil. Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat: 9-10)


KESIMPULAN
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa QS. Al-Hujurat ayat 9-10 tersebut menerangkan tentang perintah mendamaikan dua pihak yang saling bertikai dan pentingnya persaudaraan antar mukmin.
Ibrah yang disampaikan dalam dua ayat tersebut antara lain:
1.       Perintah untuk melakukan ishlâh jika ada pertikaian antara dua kelompok mukmin.
2.       Perintah memerangi orang-orang yang mengingkari janji damai sampai surut kembali 
          ke jalan (perintah) Allah.
3.       Perintah untuk melakukan ishlâh secara adil seadil-adilnya.
4.       Penegasan bahwa mukmin itu adalah satu kesatuan ummat.
5.       Memperbaiki hubungan di antara sesama, karena mukmin itu bersaudara.



[1] Muqbil bin Hadi, Shohih Asbabun-Nuzul, Meccah: Depok, hlm.387
[2] Abdul Halim Hasan, Tafsir Ahkam, Kencana: Jakarta, 2006, cetakan ke-1, hlm.568
[3] Hasbi ash-Shiddieqy, Tafsir an-Nur, Pustaka Rizki Putra: Semarang, 2000, jilid 5, hlm.3919
[4] M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Volume 13, Lentera Hati: Jakarta, 2007, cetakan ke VIII, hlm.248
[5] Hasbi ash-Shiddieqy, Tafsir an-Nur, Pustaka Rizki Putra: Semarang, 2000, jilid 5, hlm.3919

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Islam agama yang mengajarkan kedamaian"

Posting Komentar