Ustman Bin Affan

Ilmu Agama Islam Lengkap - Ustman Bin Affan


Ustman Bin Affan Th.  23-35 H/644-656 M)

la lima tahun lebih muda dari Nabi Muhammad. Sejak muda, memiliki akhlak yang sangat mulia. la juga seorang saudagar yang kaya raya dan pendiam. Ialah yang membeli sumur Raumah untuk dijadikan sumur umum. Sedemikian banyak amalnya hingga masyarakat menggelarinya ”ghaniyyun syakir” yaitu orang kaya yang banyak syukurnya kepada Allah Swt. Sekalipun amat kaya, utsman tidak segan-segan turut serta berperang. Ia juga termasuk penulis wahyu yang terkenal. Karena kebaikan-kebaikannya itulah, ia dikawinkan dengan putri Nabi bernama Ruqaiyah. Setelah Ruqaiyah meninggal, ia dikawinkan dengan putri Nabi lagi bernama Umi Kultsum. oleh karenanya digelari “Dzun Nurain”, artinya yang mempunyai dua cahaya.

Langkah-langkah yang ditempuhnya setelah menjadi khalifah, adalah mengganti gubernur-gubernur negara taklukan Islam yang ingin memisahkan diri setelah wafatnya Umar. Kemudian beliau memperbanyak naskah Al-Quran yang sudah menjadi tujuh eksemplar yang antara lain dikirim ke Syam, Yaman, Bahrain, Basrah, Kufah.

Beliau wafat pada usia 82 tahun dan setelah memerintah selama 12 tahun. Menemui ajal oleh tikaman pedang Humran bin Sidan, saat beliau membaca Al-Quran. Jasa besar beliau memelihara kemurnian Al Quran sebagaimana yang tersebar sekarang.

Simak juga artikel selanjutnya : Ali Bin Abi Thalib

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ustman Bin Affan"

Posting Komentar