Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (2)

Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (2)

Allah, Asmaul Husna, dan Sifat-Sifat Nya


Islam juga memandangnya salah paham yang mengatakan bahwa rasul-rasul itu hanya dibangkitkan dikalangan Bani Israil atau bangsa Yahudi. Paham demikian mengandung arti bahwa Allah bersikap pilih kasih terhadap umat manusia. Menurut Islam,  Allah Maha Suci dari bersikap demikian; Allah mengutus rasul pada setiap bangsa agar bangsa itu mengikuti petunjuk-Nya.

Allah itu Maha Adil, Maha Kuasa, Maha Bijaksana, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengampun.  Ia memiliki banyak pangsa nama-nama indah yang menggambarkan hakikat dan sifat-sifat-Nya.

Nama yang paling banyak dijumpai dalam Al-Qur'an adalah nama Allah sendiri, yang dapat diartikan Yang sepatutnya disembah atau ditaati, lalu menyusul Rabb, yang berarti : yang menciptakan segala sesuatu dan membimbingnya ke arah kesempurnaan. Sesudah itu baru menyusul nama-nama Rahman (Yang Maha Pengasih), Rahim (Yang Maha Penyayang), Malik (Yang Maha Memiliki), dan lain-lain yang semuanya berjumlah 99 nama. Tuhan haruslah diseru dengan nama-nama-Nya yang indah itu.




Menurut Abdullah Sani dalam bukunya Asmaul Husna dalam sekitar komentar, 76 nama dari Asmaul Husna terdapat dalam Al-Qur'an, sedang ayat 23 lainnya terdapat dalam hadis.

Adanya Asmaul Husna diterangkan dalam Al-Qur'an, antara lain dalam surat Thaaha ayat 8 : Dialah Allah. Tidak ada Tuhan melainkan Dia. Dia memiliki Al-Asmaul Husna (nama-nama yang balk dan indah)"

Asmul Husna merupakan amalan bermanfaat dan mempunyai nilai yang tak terhingga tingginya. Hal itu diterangkan dalam Al-Araf 180 :
Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepadanya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut)  nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.”
dan dijelaskan dalam sebuah hadis

"Sesungguhnya Allah mempunyai 99 nama,  yaitu seratus dikurangi satu. Barangsiapa menghafalkannya, akan masuk surga. Sesungguhnya itu witir (tidak genap). Dia menyukai witir itu. (HR.  Baihaqi) 

Sobat, baca juga sebelumnya bagian 1 : Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (1)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (2)"

Posting Komentar