Mukmin

Ilmu Agama Islam Lengkap - Mukmin

Mukmin
Pengertian mukmin adalah orang yang takwa kepada Allah Swt.  dengan sebenar-benarnya takwa.  Dalam arti, sangat taat menjalankan segala perintah-Nya, menjauhi semua larangan-Nya dan berjihad dengan harta jiwa mereka pada jalan Allah swt. 

Kehidupan orang-orang mukmin di dunia,  antara lain digambarkan dalam Al-Qur'an demikian :

“Apabila diperingantkan dengan ayat-ayat Allah mereka segera bersujud dan bertasbih serta tidak menyombongkan diri" (As-Saidah : 15).
"Mereka khusyu' dalam salat, menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada guna, menjaga kemaluannya serta memelihara amanah janji-janjinya" (Al Mukminun : 1-10).
"Mereka menyuruh mengerjakan yang ma'ruf, mencegah yang mungkar, mendirikan salat, membayar zakat dan mereka kepada Allah serta Rasul-Nya" (At-Taubah : 7).

"Apabila disebut asma Allah swt. gemetarlah hati mereka dan apabila mendengar lantunan ayat-ayat-Nya bertambah imanlah mereka" (Al-Anfal : 2).
"Mereka ini yakin akan adanya negeri akhirat" (An Naml : 3).
"Atas ketakwaan dan ketaatan itulah. Allah Swt menjanjikan kepada orang-orang mukmin tempat yang bagus di surga Adn" (At-Taubah : 72).
"Allah juga mewariskan surga Firdaus dan kekallah mereka di dalamnya" (Al-Mukminun : 11).



Perihal kehidupan orang-orang mukmin di akhirat, dalam Al-Quran antara lain digambarkan :

“Mereka termasuk orang-orang yang beruntung" (Al-Qashash : 67).
"Pada hari kiamat,  Allah swt.  akan menutupi kesalahan mereka" (At-Taghaabun : 9). "Walah wajah mereka pada hari itu berseri-seri dan kepada Tuhannyalah mereka melihat" (Al-Qiyamah : 22-23).
"Saat hisab (perhitungan amal) mereka berkata, Ambil dan bacalah kitabku (catatan yang dibuat malaikat Raqib dan Atid selama di dunia), sebab mereka yakin akan menemui hisab. Maka mereka dalam kehidupan yang diridhai dan ditempatkan dalam surga yang tinggi" (Al-Haaqqah : 19-22).

"Mereka dalam naungan yang teduh. Mendapat buah-buahan dari bermacam-macam yang mereka inginkan. Dikatakan kepada mereka :, Makan daan minumlah kau dengan enak, karena apa yang telah kamu kerjakan" (Al-Mursalat : 41-43).
"Salam penghomatan kepada mereka dari Allah swt.  yaitu salam sejahtera dari segala bencana "(Al-Ahzab : 44).

Memang, menjadi orang mukmin tidaklah gampang. Sebab, harus berhasil mengatasi cobaan dari Allah Swt, Antara lain, berupa kesengsaraan dan kemelaratan. "supaya mereka memohon kepada Allah Swt.  dengan tunduk dan merendahkan diri" (Al-Anam : 42).
Hanya orang-orang yang berpegang teguh pada tali Allah swt., yang akan selamat dari api neraka.

Baca juga tentang jenis-jenis manusia : Manusia
baca juga tentang : Kafir
baca juga tentang : Munafik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mukmin"

Posting Komentar