Perang Uhud

Ilmu Agama Islam Lengkap - Perang Uhud

Perang ini merupakan dendam dari kaum Qurais atas kekalahan mereka dalam perang Badar. Meraka mengerahkan 3000 tentara. Sedang kaum muslimin hanya 1000 prajurit. Itupun kemudian berkurang, karena orang orang munafik yang sebanyak 300 orang akhirnya mengundurkan diri atas pengaruh orang-orang Yahudi.


Rasulullah Saw. menempatkan pasukan muslimin di bukit uhud, sedang dari sebelah kiri. pasukan muslim dilindungi oleh Bukit Ainan. Kemudian 50 orang di bawah pimpinan Ibnu Jubair diperintahkan menjaga celah bukit dari belakang dan dilarang meninggalkan tempat itu, apa pun yang akan terjadi.


Melihat posisi kaum muslimin tersebut, pasukan kafir Quraisy mengadakan serangan dengan formasi berbentuk bulan sabit. Namun serangan mereka dapat dipatahkan. Belasan pasukan mereka berguguran, sedang yang lainnya lari meninggalkan medan. 

Keadaan ini membuat pasukan pimpinan Ibnu Jubair terpancing untuk turut mengadakan pengejaran dengan harapan dapat memperoleh harta yang ditinggalkan musuh.

Sebagian kaum kafir yang mengetahui tempat Ibnu Zubair dan pasukannya telah kosong, memanfaatkannya untuk melakukan  serangan balik. 

Akibatnya pertempuran ini Islam menderita kerugian 70 orang tewas, sedang dipihak musuh hanya 25 orang yang tewas. 

Kekalahan ini menginsafkan mereka bahwa melanggar dan mengabaikan perintah Nabi akan mendatangkan kerugian. Selanjutnya Perang Badar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perang Uhud"

Posting Komentar