Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (1)

Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (1)
Allah, Asmaul Husna, dan Sifat-Sifat Nya




              ALLAH adalah Tuhan pencipta alam semesta ini. Banyak bangsa di zaman kuno telah mengenal Tuhan pencipta alam semesta, tapi dengan nama berbeda-beda. Bangsa Yunani mengenal dengan nama Zeus, bangsa Romawi dengan nama Yupiter, bangsa Yahudi dengan Yahwe, bangsa Persia dengan nama Mazda, dan bangsa Arab sejak sebelum datangnya Islam pada abad ke-7 mengenalnya dengan nama Allah.

Berbeda dengan bangsa lain, bangsa Arab sejak masa jahiliyah yang tidak pernah mendirikan patung bagi Tuhan pencipta semesta alam. Mereka memang mendirikan patung-patung yang banyak di sekitar kom Ka'bah di Mekah, tapi semuanya itu untuk dewa-dewa yang mereka yakini berada dan berkuasa di sekitar daerah tempat tinggal mereka. Tak satu pun dari patung-patung itu mereka beri nama Allah.

Hal ini agaknya disebabkan karena mereka tidak langsung menyembah Allah. Dalam pemahaman mereka, Allah itu terlalu tinggi atau terlalu jauh untuk diseru dan dimintakan pertolongan-Nya. Yang mereka sembah dan mereka minta pertolongannya adalah dewa-dewa yang berkuasa disekitar mereka, dan dewa-dewa mereka yang buatkan patung-patungnya itu mereka pandang sebagai perantara yang menghubungkan atau mendekatkan mereka dengan Allah.



Dengan pandangan demikian, bangsa Arab di zaman jahiliyah telah mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Mempersekutukan Allah itu adalah penyimpangan yang jauh dari kebenaran.

Kehadiran Islam pada abad ke-7, adalah untuk mengembalikan umat manusia kepada paham yang benar tentang Allah. Menurut Islam, Allah harus dipandang sebagai satu-satunya yang menciptakan dan mengatur alam semesta ini (tauhid rububiyah) dan satu-satunya yang harus ditaati serta disembah oleh makluk-Nya (tauhid ubudiyah).

Paham bangsa Arab di zaman jahiliyah itu salah, karena mereka baru memiliki tauhid ubudiyah. Islam Al Masih dan roh kudus. Keduanya dalam di pandangan Islam hanyalah makhluk Allah, menuhankan keduanya di samping Allah berarti mempersekutukan Allah.

Sahabat, simak link berikut untuk lebih menganal Allah : Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (2)
Dan simak juga bagian 4 disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Sifat-Sifat Allah (4)
Dan simak juga bagian 5 disini : Ilmu Agama Islam Lengkap - Sifat-Sifat Allah (5)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu Agama Islam Lengkap - Mengenal Allah (1)"

Posting Komentar